Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Hadiri Perayaan Festival Pecinan 2019 di Glodok

JAKARTA - Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat hari ini menggelar Festival Pecinan 2019 di Jalan Pancoran Petak Sembilan, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019)

Festival yang dilangsungkan selama dua hari dari tanggal 19 sampai 20 Februari 2019 sengaja digelar dalam rangka perayaan Cap Go Meh 2019 dengan menyongsong tema "Kebudayaan Untuk Perdamaian",

Menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Barat Ahmad Syaropi, afa yang spesial pada Festival Pecinan tahun ini. Hal yang beda dari tahun sebelumnya adalah keberadaan gedung Pancoran Chinatown dan pameran lukisan Cina-Betawi di dalamnya.


"Tahun-tahun sebelumnya, gedung ini belum jadi, Pancoran Chinatown ini belum jadi. Jadi saya menganggap ini menarik ya. Meskipun tentu bukan punya Pemda DKI ya. Tetapi karena ini memang hari raya mereka, ya tentu saya menganggap ini sesuati yang menarik," ujarnya.

Ditempat sama, dalam sambutannya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang setiap tahun menghadiri festival menyampaikan, bahwa kawasan pecinan menjadi budaya yang ada di Jakarta harus dikembangkan.


"Karena itu kita berharap kawasan Pecinan Glodok yang sudah ada sejak jaman Kolonial bukan saja dilestarikan tetapi harus dikembangkan," ujarnya.

Adapun acara festival tersebut dimeriahkan oleh sejumlah kebudayaan Tionghoa dan juga Betawi, diantaranya pagelaran tari, musik etnis Tionghoa, Parade Koko dan Cici, Barongsai, Liong, Guzhen, Potechi Cinwa, hingga Tari 1000 tangan Dewi Kuan Im.


Sementara untuk kebudayaan Betawi yang ditampilkan pada acara Festival Pecinan 2019 di Pancoran diantaranya adalah Tanjidor, Musik Gambang Kromong, Ondel-ondel juga Enggrang.

Festival Pecinan 2019 yang digelar di Pancoran tersebut merupakan rangkaian perayaan Cap Go Meh 2019, berlangsung dari Pukul 14.00 hingga Pukul 22.00 WIB (Selama Dua Hari)

Sebelumnya, hingga berita ini diturunkan, Kasudin Perhubungan Jakarta Barat, Leo Amstrong mengatakan saat acara Festival Pecinan 2019, lalu lintas di Jalan Pancoran Sisi Utara akan ditutup.

"Untuk Sisi Utara akan ditutup, namun untuk sisi Selatan tetap berfungsi seperti biasa. Kami juga akan berkoordinasi dengan lantas," ungkap Leo Amstrong. (ril/h2t)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini