Paguyuban Satria Turonggo Peni Gelar Latihan Seni Kuda Kepang (Ebeg)

Paguyuban Satria Turonggo Peni Gelar Latihan Seni Kuda Kepang (Ebeg)



PEWARTA-TAMBORA,COM, Mangunegara - Berlokasi di Desa Mangunegara Kopak Kedempel Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, Paguyuban Kuda Kepang Satria Turonggo Peni menggelar pentas seni Kuda Kepang atau disebutnya Ebeg. Kamis (26/5/2022).


Selama pementasan di atas rumput seperti di lapangan dengan panggung yang ukuran tidak terlalu besar untuk para pemain musik gamelan dan sinden,  Kuda Kepang atau Ebeg Satria Turonggo Peni mengawalinya dengan pembukaan campursarian dan lawakan ala Purbalinggaan.


Saat pementasan berlangsung antusias warga pecinta (Penonton) tampak ramai mengunjungi tempat tersebut (Sebelah SMK Penerbangan), selain itu para pedagang musiman pun turut meramaikan pentas Ebeg di  Jalan Raya Mangunegara Desa Mangunegara Kopak Kedempel.


Meskipun hujan deras baru saja turun dan masih berselimut mendung serta rintik hujan namun tak surutkan warga (Pecinta/Penonton) semangat untuk menyaksikan


Ketika di jumpai oleh awak media Pewarta Tambora dari Jakarta, baik Nurhamidah selaku sinden Ebeg dan Beon selaku dukun ebegnya menerangkan saat dilokasi.


"Kami sedang melakukan latihan sekaligus temu kangen selama di masa Pandemi Covid - 19 kami tidak bisa pentas. Alhamdulillah mudah - mudahan berangsurnya kembali membaik kami bisa hadir dengan mengawali pentas hitung - hitung latihan juga temu kangenlah," ujar Beon.


Hal yang sama juga disampaikan Nurhamidah, salah seorang sinden Ebeg. "Selain latihan dan temu kangen ini salah satu merupakan tumbuh kembangkan, memperkenalkan kepada para regenerasi, karena sebelumnya para pelaku seni (Kuda Kepang/Ebeg) sudah melakukan atau menjalaninya." Terangnya.


Selain itu, yang kesehariannya juga berjualan di sekitaran pasar Karang Nangka (Mangunegara - Mrebet)  "Angkringan Biyung Tua" yang  menjual wedang jahesu, mendoan dan lain - lain itu,  Nurhamidah. "kita harus bangga mempunyai kesenian kuda kepang ini dan kita patut melestarikan, merawat serta menjaganya", Ungkapnya.


Semoga banyak yang tanggap ya bu ne (Kesenian Kuda Kepang/Ebeg).


Reporter: Supriyadi

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini