Lazis NU, LTM PBNU Bersama DKM Masjid Jami' Keramat Luar Batang Gelar Buka Puasa Senin Kamis


JAKARTA - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Jami' Keramat Luar Batang bersama NU Care - Lazisnu dan Lembaga Ta'mir Masjid PBNU, rutin lakukan buka puasa bersama Senin - Kamis.

Buka puasa bersama tersebut, dilaksanakan menjelang Maghrib,  diawali dengan tausiah yang disampaikan Ustad Asep Zainal Arifin (Ustad AZA), bertempat di Jl. Luar Batang V No.15, RT.6/RW.3, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (20/7/2023).

Daeng Mansur Amin, selaku Sekretaris DKM Masjid Jami' Keramat Luar Batang menyerukan kepada para jamaah dan juga insan yang tengah menjalani puasa senin kamis untuk bisa hadir dalam acara buka puasa tersebut.

"Giat ini dibiayai oleh PBNU (Lazis NU dan LTM PBNU) jadi kami selaku pengurus DKM mengajak kepada para jamaah dan juga insan yang sedang melakukan puasa senin kamis untuk bisa ikut serta buka puasa bersama kami, " ujar Daeng Mansur.

Sebagaimana diketahui, Puasa Senin Kamis adalah salah satu sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. Kita bisa mendapatkan banyak manfaat dengan menjalankan puasa Senin Kamis.

Dari Abu Qatadah Al Anshori RA, Rasulullah saw. pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab:

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya: "Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim).

Menjalankan puasa Senin Kamis juga dapat menambah keimanan kita di hadapan Allah Swt. Hari Senin dan Kamis juga merupakan hari di mana pahala-pahala dari amalan yang kita kerjakan diangkat di hadapan-Nya, sehingga sangat dianjurkan untuk menjalankan puasa sunah pada kedua hari ini.

Berikut adalah bacaan doa niat menjalankan puasa sunah pada hari Senin yang dilafalkan sebelum menjalankan ibadah puasa:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumil itsnaini sunnata lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Senin karena Allah ta'ala."

Sementara, bacaan doa niat untuk puasa pada hari Kamis adalah sebagai berikut :

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma yaumil khamiisi sunnata lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta'ala."

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini