Walikota Jakbar Apresiasi FKDM Jakbar Gelar Donor Darah


JAKARTA - Dalam upaya memenuhi stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang mulai mengalami penurunan di masa pandemi Covid-19. PMI DKI Jakarta melakukan "Jemput Bola" menawarkan kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengadakan kegiatan donor darah.

Kerjasama PMI DKI Jakarta melalui program jemput bola donor darah kali ini bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) kota Jakarta Barat, yang berlangsung di Ruang Ali Sadikin, Kantor Walikota Jakarta Barat, Senin (12/10/2020).


"Kita lakukan program jemput bola donor darah, PMI DKI mewarkan kerjasama dengan berbagai pihak seperti lembaga/instansi pemerintah BUMD dan Organisasi Kemasyarakatan yang ada di Jakarta," tutur Rustam Effendi Ketua PMI DKI Jakarta. 

Menurutnya, program jemput bola tersebut menjadi salah satu terobosan yang dilakukan PMI DKI Jakarta dalam rangka memenuhi stok darah yang semakin menipis pada masa pandemi Covid-19.

Dikatakannya, ketersediaan darah di PMI Jakarta sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan darah di 462 rumah sakit yakni 48 bank darah rumah sakit yang tidak memiliki bank darah serta 246 rumah sakit dari luar Jakarta. 

Ia memahami bahwa menipisnya ketersediaan darah di PMI Jakarta terjadi di masa pandemi Covid-19. Sebelum mewabah, angka penerimaan kantong darah PMI berjumlah 1000 per hari. 

"Tapi, saat pendemi ini rata-rata 200 kantong per hari. Sedangkan permintaan kantong darah baik dari rumah sakit dan perorangan, jumlahnya jauh melebihi yang diterima dari kegiatan donor darah yang dilaksanakan Unit Donor Darah (UDD) PMI jakarta per harinya," terang Rustam Effendi didampingi Ketua PMI Jakarta Barat, H. Baharuddin. 

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto menyampaikan apresiasinya terhadap jalannya kegiatan donor darah yang di dilakukan oleh FKDM tingkat Kota Jakarta Barat. 

"Kami (Pemkot Jakbar) sangat mendukung upaya PMI DKI jakarta bekerjasama dengan FKDM menggelar kegiatan donor darah. Ini merupakan bentuk kepedulian kita dalam membantu mereka yang membutuhkan darah," ujarnya. 

Bentuk dukungan dari Walikota Jakarta Barat pernah disampaikan pada kegiatan yang sama beberapa waktu lalu. "Saya pernah instruksikan kepada jajaran, camat dan lurah untuk mengadakan kegiatan donor darah bekerjasama dengan elemen masyarakat," pungkasnya. (ril/lth)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini