Kebun Merah Putih Optimalisasi Seni dan Budaya di Jakarta Utara

Iklan Semua Halaman

Kebun Merah Putih Optimalisasi Seni dan Budaya di Jakarta Utara

10/06/2019
PEWARTA TAMBORA, JAKARTA - Komunitas Kebun Merah Putih menggelar Kenduri Budaya dan Nasionalisme Merah Putih di Jalan Bugis Raya, Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (5/10) malam.

Selain melestarikan seni dan budaya, acara ini digelar guna menyejukkan sekaligus memperkuat kesatuan berbangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Ketua Panitia Kenduri Budaya dan Nasionalisme Merah Putih M.I.Ridwan Boim mengatakan, acara ini bertujuan guna mengapresiasi penggiat seni budaya di Jakarta Utara. Sehingga dapat menampilkan dan optimalisasi potensi seni dan budaya di Utara dan diharapkan juga bisa memperkuat kesatuan NKRI.

"Dulu kita pernah buat acara ini di tahun 2017 Mengapresiasi para penggiat seni budaya di Jakarta Utara. Waktu itu dan saat ini pasca situasi politik yang terlalu tegang. Dengan cara ini mudah-mudahan lebih sejuk dan kembali memperkuat nasionalisme masyarakat, melalui  Seni dan Budaya," kata Ridwan Boim, saat ditemui di Jalan Bugis Raya, Kelurahan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (5/10) malam.


Dijelaskannya, komunitas Kebun Merah Putih sendiri diisi berbagai komunitas penggiat seni budaya mulai dari Jakarta Utara Rumah Kita (JURK), Bamus Betawi Jakarta Utara, Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia Nahdatul Ulama (Lesbumi NU), lembaga Seni dan Budaya Muhamadiyah (LSBM), KOBAR, KAHMI, KOMJU, Ikatan Theater Jakarta Utara (ITERA), Sanggar Trotoar, Sanggar Pamungkas, Sunda Kelapa Heritage (SKH), dan lain sebagainya.


Harapannya, terbentuk Dewan Kesenian Jakarta Utara melalui kongres budaya sehingga dapat menaungi para seniman tersebut.

"Jadi sejak terbentuknya Komunitas Kebun Merah Putih ini, kami penggiat seni budaya selalu melakukan berbagai kegiatan positif untuk meningkatkan seluruh potensi pengembangan seni budaya di Jakarta Utara, dan kita ini fokus bergerak di wilayah seni dan budaya." jelasnya.


Kepala Suku Dinas Pariwisata Jakarta Utara Rus Suharto menerangkan, acara yang digelar hingga Minggu (6/10) ini merupakan bentuk kolaborasi Pemerintah Kota Jakarta Utara dengan masyarakat. Memberdayakan masyarakat yang ingin mengembangkan segala bentuk aktifitas seni dan budaya di Jakarta Utara.

"Kami pemerintah tentu mendorong dengan memberikan stimulus agar masyarakat turut mengembangkan potensi seni dan budaya Jakarta. Apapun itu bentuknya selama positif, maka pemerintah siap berperan membantu terlaksananya kegiatan itu," terangnya.

Bintang tamu acara, Dik Doank mengapresiasi acara seni budaya yang digelar komunitas Kebun Merah Putih tersebut. Dia berharap, acara seperti semakin sering digelar guna mengembangkan dan mengembalikan jalan bagi para seniman khususnya di Jakarta Utara.

"Alhamdulillah acara ini sangat bagus ya. Meskipun ada beberapa koreksi untuk kemajuan acara mendatang, tapi ini sangat membantu memfasilitasi para seniman yang ada di Jakarta Utara," tutupnya.

Rep : Mansyur Amin