Pembinaan Mental Ideologi dan Kejuangan Bagi Prajurit, PNS Serta Keluarga Besar Kodim 0505/JT

 


PEWARTA TAMBORA.COM, Kodim 0505/Jakarta Timur –melaksanakan kegiatan Pembinaan mental rohani, Ideologi dan Kejuangan bertempat di Aula Makodim 0505/JT, Senin (05/02/24).

Danramil 01/Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi mewakili Dandim Kodim 0505/Jakarta Timur pada kegiatan tersebut menyampaikam bahwa pembinaan mental rohani Ideologi dan Kejuangan adalah untuk membentuk, memelihara dan memantapkan mental Prajurit, PNS dan anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 Koorcab Rem 051 PD Jaya yang berdasarkan Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Panca Prasetya Korpri sehingga mampu menjaga silaturahmi dalam meningkatkan kinerja Satkowil.

Penyampaian Danramil Jatinegara tentang kegiatan ceramah bintal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan keagamaan serta mental para prajurit TNI, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505 beserta keluarga untuk menangkal segala pengaruh negatif yang datangnya dari luar organisasi yang kiranya dapat berpotensi untuk merusak mental para Prajurit, PNS dan keluarganya.

Dalam acara tersebut, Rohis Bintaldam Jaya Letkol Inf Sofrianes Salam,S.Ag.,M.Han, selaku pemberi materi menyampaikan keutamaan menjaga silaturahmi adalah

Hikmah dan keutamaan silaturahmi yang pertama adalah bisa meningkatkan tali persaudaraan, sebagai manusia tidak terlepas dari yang namanya salah dan khilaf.

Masuk ke materi tentang pengertian globalisasi secara bahasa diartikan sebagai suatu proses yang mendunia antar sesama manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lain tanpa batas waktu maupun jarak.

Revolusi Industri terjadi pada periode antara tahun 1760-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi dan budaya di dunia sampai ke Indonesia.

Dampak positif dari Globalisasi adalah terjadinya perubahan tata nilai dan sikap, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi tingkat kehidupan yang lebih baik.

Dampak Negatif dari Globalisasi adalah pola hidup yang konsumtif sikap individualistik , cara hidup kebaratan serta kesenjangan sosial.

Pada kesempatan tersebut, Rohis Bintaldam berharap kepada seluruh Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0505/JT dapat meningkatkan mental Prajurit, sehingga bisa menserter (Menyaring) tidak hanya bidang agama, tetapi juga mental ideologi, kejuangan, psikologi dan pengaruh globalisasi sehingga kita menjadi paham dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan fungsinya dengan adanya komunikasi yang baik antara pimpinan dan anggota serta dalam kehidupan rumah tangga, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dalam kehidupan kita sebagai seorang Prajurit, sehingga terhindar dari berbagai pelanggaran, ucap, Rohis.

Hadir dalam kegiatan Bintal yakni Rohis Bintaldam Jaya Letkol Inf Sofrianes Salam, S.Ag.,M.Han, Danramil Jatinegara Mayor Arh M. Sianturi, Mayor Chb Asep Setiawan, Kapten Inf Hasim Ashari Hutabarat, Kapten Inf Hadi Sasmungi , Prajurit TNI, PNS dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Kodim 0505, pungkasnya.

Sumber: Kodim 0505/JT

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini