MAPANCAS : Dukung Upaya Indonesia Pulihkan Perekonomian Nasional Melalui Forum Internasional G20


PEWARTA-TAMBORA.BOGOR - Dewan Pimpinam Daerah (DPD) Mahasiswa Pancasila (MAPANCAS) Kota Bogor mendukung salah satu upaya nyata yang dilakukan oleh Indonesia dalam memulihkan perekonomian nasional melalui Forum International G20.

"Indonesia telah resmi menjadi tuan rumah pelaksanaan Preaidensi G20 (Grouo Of Twenty) sejak diserahterimakan oleh Italia pada 31 Oktober 2021 di Kota Roma," ujar Ketua Mapancas Kota Bogor, Fatholloh Fawait, dalam keterangannya, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, terdapat 2 (dua) jalur isu strategis yang dibahas pada Forum G20, yaitu Finance Track dan Sherpa Track. Sesuai dengan namanya, Finance Track membahas tentang isu-isu keuangan seperti kebijakan fiskal, moneter dan riil, investasi infrastruktur, regulasi keuangan, inklusi keuangan dan perpajakan internasional.

Sedangkan Sherpa Track, membahas bidang-bidang yang lebih luas di luar isu keuangan, seperti anti korupsi, ekonomi digital, lapangan kerja, pertanian, pendidikan, urusan luar negeri, budaya, kesehatan, pembangunan, lingkungan, pariwisata, energi berkelanjutan, perdagangan, investasi, industri dan perdagangan perempuan.

"Selain itu, banyaknya kasus tindak pidana korupsi di dalam negeri berpotensi merugikan keuangan negara," ungkap Sihol, sapaan akrab Ketua Mapancas Bogor.

"Dalam perkara tindak pidana korupsi, adanya potensi kerugian negara (Potential Loss) saja dapat dikategorikan tindak pidan korupsi, apalagi sudah ditetapkan adanya kerugian negara yang telah nyata (Actual Loss)," pungkasnya. (rill/Her)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini