Ketua FKDM Jakarta Barat, Iswadi S.E, Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 


PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA BARAT —Pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 77 digelar di lapangan Olah Raga kemanggisan Jakarta Barat, dan di pimpin langsung oleh Iswadi. S.E, Ketua FKDM Jakarta Barat, Rabu (1/06/2022).


Dalam sambutannya, Iswadi  menyampaikan, bahwa semangat hari lahirnya Pancasila merupakan barometer kerukunan bangsa, maka dari itu beliau mengingatkan kepada seluruh anggota FKDM kota kecamatan dan kelurahan juga generasi muda agar senantiasa mengingat kembali makna dan tujuan para pejuang kemerdekaan dan menjadikan pancasila sebagai dasar dan idiologi negara. 


Peringatan ini merupakan sarana untuk mengevaluasi keadaan demi menyegarkan semangat dalam membangun masa depan bangsa. 


“Sejarah telah membuktikan perjuangan Pendiri Bangsa yakni Bung Karno dalam merumuskan pancasila sebagai dasar bangsa menghasilkan rakyat Indonesia yang kuat dan bersatu menghadapi berbagai persoalan bangsa,” ujar Iswadi usai melaksanakan upacara. 


peringatan hari lahirnya Pancasila ke 77 yang dirangkaikan dengan Senam sehat  bertempat di lapangan Bola kemanggisan.



Anggota FKDM terutama generasi mudanya agar tidak lupa mengaktualisasikan nilai fundamental yang dimiliki Pancasila dalam kehidupan sehari hari. 


Untuk itu, sebagai bagian dari NKRI, Forum Kewaspadaa Dini Masyarakat  (FKDM) harus memiliki peran aktif dalam membangun bangsa, Indonesia memiliki jiwa dan semangat warga bangsa yang majemuk, sangat dibutuhkan pengabdian tanpa membedakan asal usul demi membangun daerah nyiur melambai yang kita cintai ini. 


Iswadi menuturkan bahwa Pancasila merupakan dasar dan identitas hidup dan karakter hidup generasi masa depan Indonesia yang bermoral, memiliki semangat juang dalam upaya mencapai cita-cita bangsa yang kuat, untuk dapat hidup berdampingan damai dengan bangsa lain. 


“Pancasila itu dasar Negara, dan identitas hidup serta karakter hidup generasi masa depan, jadi mari kita jaga bersama, terutama generasi muda sebagai penerus dan penentu arah bangsa Indonesia dimasa depan nanti, ” ucapnya. 


Ditempat yang sama, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, H.Rustam Efendi yang ikut hadir juga menyampaikan, " peran pentingnya Anggota FKDM sebagai Garda terdepan untuk menjaga lahirnya Pancasila karena akhir- akhir ini banyak upaya yang mengancam Ke Bhinekaan Indonesia yang sikap intoleran yang mengusung ideologi selain Pancasila," ucapnya. 


H.Rustam Ketua PMI Provnsi DKI Jakarta memberikan apresiasi pada FKDM Jakarta Barat yang selalu tampil untuk kepentingan masyarakat, dan selalu berkaloborasi dengan PMI sehingga fungsi dan tugas FKDM sangat nyata sebagai mata telinga pemerintah pusat maupun pemerintah  daerah, tandasnya( lth/yoes)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini