Iklan

KONVEKSI

 


Pemilihan Ketua RT di Jembatan Lima Disebut Paling Unik Fenomenal

10/11/2021, Senin, Oktober 11, 2021 WIB Last Updated 2021-10-11T07:46:37Z


Pewarta-Tambora.com - Pemilihan Ketua RT digelar secara serentak di Wilayah Kelurahan Jembatan Lima pada bulan Oktober 2021.


Ketua RW O6 H.Lili Rojali, mengapresiasi antusiasme warga Jembatan Lima yang ditunjukkan melalui banyaknya warga yang mendaftarkan diri sebagai pasangan calon.


"Pemilihan Ketua RT ini adalah sebagai salah satu upaya Pemerintah  dalam menyajikan pendidikan demokrasi kepemimpinan yang luar biasa," kata Ketua RW 06 Jembatan Lima seperti disampaikan disela sela acara, Minggu (10/10/2021).


Sementara itu, salah satu warga RT 014 Nuryasin mengungkapkan, proses Pemilihan Ketua RT ini digelar layaknya proses pemilu pada umumnya.


"Prosesnya dilakukan laiknya pemilu atau pun pilkada umumnya. Kecuali beberapa persyaratan-persyaratan khusus yang memang sudah diatur dalam Peraturan tetang mekanisme pemilihannya," katanya.


Seperti di Lingkungan RW 06 Sebanyak 4 RT peremajaan yang disiapkan untuk pemilihan tersebut, sedangkan 11 RT yang terdata saat ini tidak ada kandidat, melainkan Calon tunggal atau incumbent. Ada pun tata pelaksanaan untuk hak pemilih dibolehkan satu orang per KK, dan ada juga per KTP.


Menurut Nuryasin, rupa-rupa keunikan juga muncul, seperti saat pendaftaran dipertengahan September sebelumnya,  hingga penyampaian visi misi kandidat, sampai hari pelaksanaan berlangsung persis suasana Pilkada.


Semua kandidat saat pendaftaran di beberapa tempat, antusias dengan cara  mendaftarkan diri sesuai mekanisme yang telah ditetapkan bersama Forum warga.


Tidak hanya itu, kandidat Ketua RT ini juga diminati berbagai elemen dan profesi. Di Kel. Jembatan Lima, kecamatan Tambora khususnya di lingkungan RW 06 terlihat ramai. Selain itu, sejumlah anggota masyarakat Pria dan wanita turut pula ambil bagian memperebutkan tampuk kepemimpinan RT di lingkungan masing-masing.


Animo masyarakat begitu tinggi bisa dilihat dari banyaknya calon ketua RT yang maju sebagai penantang dan incumbent yang kembali mendaftarkan dirinya. (Tim Peta)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemilihan Ketua RT di Jembatan Lima Disebut Paling Unik Fenomenal

Terkini