Iklan

 


Iklan

Imbas Pandemi Covid-19, Pedagang Kecil Mulai Teriak

6/16/2021, Rabu, Juni 16, 2021 WIB Last Updated 2021-06-16T04:49:25Z


Pewarta-tambora, Jakarta — Kehadiran pandemi Corona virus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat, Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan penderitaan kemanusiaan yang begitu mendalam, begitu pula para pedagang kecil di Puri kembangan selatan samping Kantor CNI Jakarta Barat ini pun sangat merasakan dampaknya, jangankan untuk kebutuhan yang lain - lain cukup makan sehari hari dan bayar kontrakan pun sudah bersyukur. 



“Saya kalo ngak berdagang di sini, bingung bang ! jangankan mikirin yang lain, buat makan sehari - hari dan bayar kontrakan aja udah bersyukur “ Ungkap Jamil Saat di temui Awak media di lapak Jualannya di Puri Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (16/6/2021)


Menurut Jamil, para pedagang kecil ini bersyukur ada tempat berdagang, dan kebetulan  di fasilitasi anggota Karang Taruna di RW 02 Kelurahan Kembangan Selatan Jakarta Barat.


“ Saya senang di akomodir oleh karang taruna bang, jadi ada tempat buat berdagang,  kebetulan dia juga berdagang di sini, kalo ga, bingung saya ! mau cari lapak di mana lagi, apalagi kita perantau punya anak Istri, “ tuturnya.


Terkait pedagang itu, merebak ada isu yang kurang sedap, dimana pedagang tersebut di dikondisikan oleh para Preman.

Hal ini di bantah Bobby (42), salah satu pedagang. Bobby mengutarakan tidak benar isu itu, yang benar kami di fasilitasi oleh karang taruna setempat. 


“Ga, ada bang preman, yang akomodir penduduk setempat atau karang taruna , itu pun hanya iuran listrik dan buat kebersihan sampah, jadi tidak benar kalo ada preman “ terangnya.


Masih Bobby, dirinya bersyukur bisa ada tempat berjualan di saat pandemi begini, masih bisa menyambung hidup untuk kebutuhan sehari - hari.


Awak media pun menkonfirmasi kepengurus Karang Taruna, Sopian, Karang Taruna RW 02 Kembangan selatan menambahkan, setiap pedagang di wilayah ini tetap mematuhi protokol kesehatan , tempat cuci tangan dan masker, dan terkait setor sana dan sini tidak lah benar.


“ kami dapat berdagang udah bersyukur bang, Kami juga menghimbau agar para pembeli tidak makan di tempat dan di usahakan di bungkus, kami juga meminta para pedagang menyediakan tempat cuci tangan dan masker," katanya.


Sopian juga menceritakan, para pedagang berinisiatif mengajak dirinya untuk berjualan karena pada kesusahan , duit mereka sudah habis untuk kebutuhan sehari hari , bahkan buat bayar kontrakan mereka tak mampu dan barang yang ada sudah habis di Jual untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.


“Ada yang ga, bisa bayar kontrakan hingga 4 Bulan, jadi efek pandemi Covid-19 ini sangat kami rasakan , tapi kita tak boleh menyerah dan harus bangkit untuk hidup demi menghidupi keluarga“ Ujarnya


Dia juga berharap, semoga Pandemi ini segera berakhir agar kehidupan bisa normal seperti dulu lagi, dirinya yakin pemerintah selalu memberi jalan untuk pedagang kecil seperti dirinya , dengan mematuhi protokol kesehatan sudah pasti aman buat para pedagang dan pembeli.

(TIM/Rbt/Red.)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Imbas Pandemi Covid-19, Pedagang Kecil Mulai Teriak

Terkini

Iklan

Close x