Kelurahan Tanah Sereal Gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang)

JAKARTA - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) telah menjadi istilah populer dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran di daerah, desa maupun tingkat Kelurahan.

Pantauan awak media, tampak puluhan warga dan pengurus di lingkungan RW 014 antusias menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kelurahan Tanah Sereal, pada Minggu (23/8/2020) sekira pukul 09.45 WIB.


Musrembang dikerjakan sekarang dan menyiapkan para pendamping dengan mengundang mereka dalan pendampingan pembangunan, yang terlibat warga di wilayah Kelurahan Tanah Sereal agar bermanfaat untuk umum.

"Kita berharap dari sini akan ada hasil yang konkret untuk dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ini adalah pendekatan," ungkap Lurah Tanah Sereal, Hj. Suharti.

Hj. Suharti juga berharap agar para pendamping rembuk RW atau Fasilitator mampu meningkatkan kualitas perencanaan yang berbasis urban planning dengan melibatkan warga melalui pelatihan atau forum ini.

"Sehingga, para pendamping rembuk RW itu adalah unsur masyarakat yang sudah dibekali tentang visi kita, rencana pembangunan lima tahun," pungkas Hj. Suharti.

"Kemudian teknik-teknik pendampingan agar proses rembuknya benar-benar kondusif, serta menghasilkan perencanaan yang baik," tambah Suharti saat memberikan penjelasan kepada warga dan Pengurus di lingkungan RW 014 Tanah Sereal.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap aspirasi warga dapat porsi yang berimbang melalui forum rembuk RW dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020.

"Melalui forum ini, aspirasi masyarakat mendapatkan porsi yang cukup dan tersalurkan di dalam perencanaan pembangunan Pemerintah Provibsi DKI Jakarta," kata Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta.

RKPD tahun 2020 yang menjadi bagian pelaksanaan RPMJD 2017-2022 semakin baik dari sisi kualitas dan kuantitas, serta baik dari usulan program kerja yang disampaikan warga melalui rembuk RW, Musrembang Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten, hingga Provinsi.

Rep : Hendri Effendi

Terkini