Jokowi Rencana Akan Hadiri Konser Budaya Satoe Hati di Tegalega Bandung

PEWARTA TAMBORA, Jakarta - Road Show Konser Budaya Satoe Hati yang digelar Forum Wartawan Jakarta (FWJ) bersama Dera Kinarya (DRK) Bandung telah masuk dipenghujung tahun 2019. Sebelumnya konser budaya tersebut juga telah digelar di Lapangan Sanca, Tapos Depok pada awal Desember 2019.

Gelaran budaya yang dikolaburasikan dengan konser musik modernisasi, atraksi the king of master, dan bazaar rakyat ini mampu menampilkan kearifan budaya lokal sebagai bentuk sosialisasi kebudayaan sebagai harga diri bangsa.

Monumen Tugu Tegalega Bandung Lautan Api, yang berlokasi di jantung Kota Bandung ini akan menjadi titik penghujung konser budaya satoe hati tahun 2019. Hal itu dikatakan Kordinator Kebudayaan Dede Wahyudi, ketika dikonfirmasi wartawan melalui sambungan selullar, Minggu (15/12/2019) malam.

Dede juga menyampaikan gelaran budaya satoe hati yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 27 sampai 31 Desember 2019 merupakan konsep real dalam menjaga kebudayaan bangsa, khususnya Jawa Barat.

"Ini akan menjadi sajian edukasi kebudayaan yang akan membawa provinsi Jabar lebih terdepan dalam menjaga dan mensosialisasikan budaya sendiri. "Ucap Dede.

Dalam gelarannya nanti, Ia juga berharap akan totalitas dalam berbagai sajian kebudayaan yang dijadwalkan akan dimulai dari 27 Desember sampai 30 desember 2019, sedangkan di penghujung pergantian tahun, sajian kebudayaan akan dikolaburasikan dengan berbagai tampilan musisi dan artis dari Jakarta maupun dari Bandung sendiri.

"Kami sudah berkordinasi dengan kawan-kawan disini, dan rencana akan kami tampilkan performance Lengser, tarian Jawa Barat dari berbagai sanggar budaya di Jabar, Tiwal performance, Japong Challenge, Bajidoran, senam Maromere, pencak silat, Calung, Wayang Golek Pojok si Cepot, Rampak Gendang, dan lainnya. "Papar Dede.

Terpisah, Mustofa Hadi Karya yang sering disapa bung Opan selaku Ketua Forum Wartawan Jakarta saat dikonfirmasi mengatakan hal yang sama. Namun Opan juga menyebut gelaran budaya satoe hati dipenghujung tahun 2019 nanti rencana akan dihadiri Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI.

"Rencananya begitu, kami juga sudah menyampaikan undangan untuk pak Presiden melalui Marsudi Nawacita, dan beliaupun akan pastikan jadwal kesediaan Presiden untuk hadir di tanggal 27 Desember 2019 sebagai pembuka acara. "Ulas Opan.

Opan juga mengatakan, hasil komunikasinya dengan pihak Nawacita mengenai penjadwalan Jokowi akan dikabarkan secepatnya, "ya beliau akan memastikan dulu, mudah-mudahan dapat hadir di Tegalega Bandung untuk membuka konser budaya satoe hati yang kami gelar dipenghujung tahun ini. Jika pak Presiden berhalangan hadir, kami berharap ada staft khususnya yang mewakilinya, mengingat Marsudi mewakili Nawacita juga akan dipastikan hadir diacara pembukaan event tersebut. "Jelas Opan.

Meski menunggu kepastian Jokowi untuk hadir diacara konser budaya satoe hati yang digelar Forum Wartawan Jakarta, tanggal 27 - 31 Desember 2019, dengan lokasi Monumen Tugu Tegalega Bandung Lautan Api, Opan Optimis Jokowi dapat meluangkan waktunya sebagai kepala Negara yang berkomitmen menjaga, melestarikan kebudayaan sebagai warisan nenek moyang dan jati diri bangsa.[H2T]

Terkini