DANRAMIL 02 TAMBORA SOSIALISASIKAN PEKAN PANCA SILA DI SMKN 9 JAKARTA

Bertepatan dengan bulan suci Romadhan 1438 H dan memasuki bulan Juni 2017, segenap Jajaran TNI AD di seluruh Indonesia melaksanakan penyuluhan Wawasan kebangsaan dan Bela Negara kepada segenap elemen bangsa, terutamanya generasi muda. Sejalan dengan program tersebut, sesuai dengan perintah Panglima TNI untuk memberikan pencerahan tentang Dasar Negara Pancasila kepada generasi muda Indonesia yang dirasakan makin sedikitnya pemahaman mereka akan Falsafah Pancasila.

 Danramil 02 Tambora  Kapten Inf Trisnoto, pada hari Jumat  tanggal 9 Juni 2017 mensosialisasikan Pekan Pancasila kepada insan pendidikan pada SMKN 9 Jakarta  yang beralamat di jalan Gedong Panjang II.Kecamatan tambora Jakarta Barat. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 s.d 15.30 Wib tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari Kepala sekolah, para guru maupun seluruh pelajar sekolah tersebut.

Pada sesi kegiatan penyuluhan yang bertempat di aula SMKN 9 tersebut, Kapten Inf Trisnoto memaparkan mulai dari sejarah perjalanan penyusunan Teks Pancasila sampai dengan perumusan yang ditetapkan sebagai Dasar Negara Indonesia yang kita kenal hingga saat ini.

Dalam uraiannya, Kapten Inf Trisnoto yang sehari-harinya menjabat sebagai Danramil  tersebut juga memaparkan tentang berbagai upaya untuk menggantikan Ideologi Pancasila dengan Ideologi yang lain seperti Komunis, namun hingga saat ini Pancasila tetap menjadi salah satu tonggak atau Pilar bangsa Indonesia disamping UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kami terpanggil untuk peduli dengan kondisi generasi muda pada akhir-akhir ini yang rentan dimasuki berbagai pengaruh dalam apa yang disebut,” ujar Kapten Trisnoto saat ditanya Madia Pewarta Tambora .com tentang kegiatan Pekan Pancasila tersebut.

Selain kegiatan di dalam ruangan, para siswa juga diajak untuk melalukan berbagai kegiatan luar ruangan yang bertujuan menjalin kekompakan dan kerjasama antar peserta seperti PBB permainan tongkat estafet, water estafet, bola tali dan holahop Karpet terbang.

Salah satu peserta ketika diminta tanggapannya tentang kegiatan Pekan Pancasila yang dimotori personel Koramil 02 Tambora Kodim 0503/ JB. ini mengaku jadi lebih memahami tentang Pancasila dengan penjelasan 36 butir Pancasila-nya.

“Permainannya juga sederhana tapi mengandung makna setelah dijelaskan pelatihnya itu,” ujar Choriyah  kelas XI jurusan Pemasaran SMKN 9 Jakarta .

Senada dengan siswa  lainnya, Prayoga    . memberi saran sebaiknya kegiatan ini dilakukan tidak di bulan puasa agar lebih bersemangat lagi. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan meneriakan semboyan : Aku Indonesia, Aku Pancasila. Aku.
(9/06) Lutfih

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini