5 Kali Residivis, Pemuda Gempal Bertato ini Tak Kapok Beraksi Lakukan Curas, Tak Berkutik Diringkus Polsek Tambora


PEWARTA-TAMBORA. COM, Jakarta Barat — Pemuda Gempal berperawakan bak algojo dengan badan bertato tak berkutik saat diringkus personel Polsek Tambora Jakarta Barat. 

Pemuda berinisial ATJ (33) Residivis berbagai kasus itu ditangkap usai melancarkan aksinya melakukan pencurian dengan kekerasan mengambil handphone milik korban Hirgal S di di Jln Sawah Lio Jembatan Lima Kec. Tambora Jakarta Barat, setelah korban membuat laporan polisi. Penyidik kemudian menelusuri melalui cctv yang ada hingga akhirnya pelaku ditangkap. 

Kapolsek Tambora Polres Metro Jakarta Barat Kompol Donny Agung Harvida didampingi Kanit reskrim Akp Rahmat Wibowo mengatakan modus pencurian pelaku yakni memposting barang melalui facebook. Konsumen yang tertarik kemudian diajak untuk Cash On Delivery (COD). 

"Saat COD itu pelaku melakukan ancaman kepada korban dengan menggunakan senjata tajam," katanya saat press confrence di Mapolsek, Sabtu (23/3/2024). 

Kapolsek Tambora, Kompol Donny Agung Harvida (Berkacamata) saat menunjukkan barang bukti dalam pers release

Menurut Donny, pelaku biasanya beraksi dengan mengajak dua temannya agar aksinya mulus dan cepat. Saat ini teman pelaku berinisial M dan A masih dalam pengejaran (DPO). 

"Pelaku yang kita tangkap ini pentolannya dari kawanan Curas ini," ungkap Donny. 

Lebih lanjut, Donny menceritakan aksi curas yang terakhir dilakukan pada Senin, 4 Maret 2024 lalu. Saat itu pelaku akan melakukan COD dengan calon korbannya yang ingin membeli Hp. 

Tiba di lokasi, pelaku yang sudah bertemu korbannya di tempat sepi itu tanpa basa basi langsung melakukan pengancaman kepada korban dengan menggunakan senjata tajam. 

"Pelaku sempat mengancam korban agar jangan berteriak, jika bahkan diancam dibunuh jika berteriak," tukasnya. 

Pelaku diketahui sudah berurusan dengan polisi sebanyak lima kali dengan berbagai kasus. Pelaku ATJ (33) merupakan residivis dengan berbagai kasus, diwilayah Jakarta Barat terdapat 5 kasus yakni Polsek Tambora pasal 351 pada tahun 2012 divonis 5 bulan, kedua Polsek Tambora pasal 365 pada tahun 2016 divonis 8 bulan, ketiga di Polsek Tambora kasus Narkoba pada tahun 2017 divonis 4 tahun kemudian di Polsek Metro Taman sari pasal 378 pada tahun 2020 pelaku divonis 8 Bulan dan terakhir di Polsek Metro Taman Sari kasus pasal 368 pada tahun 2021 dan pelaku di vonis 3 Tahun penjara 

Duda beranak satu ini nekat kembali berulah untuk memenuhi hasrat dan kebutuhan ekonomi. 

"Uang hasil kejahatan untuk kebutuhan sehari-hari. Pelaku juga menggunakan uang itu salah satunya untul beli narkoba jenis sabu," tuturnya. 

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) jo Pasal 2 Ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman 9 tahun penjara. [Polres Jakbar/yoes]

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini