Wujud Syukur Atas Kemerdekaan, Ketua RT 011/12 Tanah Sereal Gelar Tasyakuran

JAKARTA - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahun, biasanya menjadi ajang bagi masyarakat dengan membuat rangkaian acara menarik untuk memeriahkan hari jadi Indonesia.

Namun, HUT RI ke 75 tahun ini, tampaknya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Hari Kemerdekaan tahun ini diperingati dengan adanya wabah pandemi Corona atau Covid-19.


Biasanya ada beragam acara maupun kegiatan lomba yang digelar oleh warga untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, namun ditengah pandemi masyarakat pun meniadakan acara lomba.

Meski tak ada lomba, warga masyarakat ramai melakukan tasyakuran, seperti yang dilakukan oleh Pengurus RT 011/12 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, pada Minggu (16/8/2020) malam.


Acara tasyakuran yang di komandoi oleh Budi selaku Ketua RT 011/12 Kelurahan Tanah Sereal dengan harapan agar Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Pantauan Media Pewarta Tambora, di acara tasyakuran selain membaca surah Yasin, dan arwah jama untuk para pahlawan juga mendoakan Sumarni agar diberikan kesembuhan dari sakit.

"Ibu Sumarni adalah sosok seorang Ibu yang di tuakan di Wilayah RT 011/12 Kelurahan Tanah Sereal," ungkap Ketua RT 011/12 Budi kepada media Pewarta Tambora.

Ia juga mengatakan, bahwa arti kemerdekaan di tengah masa pandemi ini merupakan sesuatu pelajaran bagi para warga agar bisa bersyukur disaat situasi apapun.

Ditempat sama, Rosyid salah seorang warga bahkan menceritakan, dalam meramaikan kemerdekaan dengan beragam kegiatan seperti tasyakuran ini sangat religius dan penuh arti.

"Karena kita bisa merasakan kemerdekaan ini, yang direbut dengan darah dan pengorbanan para pejuang bangsa kita," pungkasnya.

Rep : Hendri Effendi

Terkini