Lewat Ngaliwet Bareng, Cara Warga RT 001/08 Pekojan Jalin Kekompakan

Jakarta, Ada hal unik yang dilakukan oleh warga RT. 001/08 Kelurahan Pekojan untuk jalin kekeluargaan dan kekompakan. Terlihat saat ada giat rutinitas menjalankan tugas ronda di wilayah, dengan menggelar makan nasi liwet bersama di samping Pos Sekreatariat RW. 08 Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (13/6/2020) malam.


Menurut Ketua RT.001/08 Pekojan, Budiyanto, kegiatan ini diharapkan bisa dijadikan untuk membangun komunikasi dan kerjasama yang lebih baik antara warga sehingga tercipta kekeluargaan dan kekompakan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


"Acara ngaliwet ini merupakan wujud kekeluargaan dan kekompakan kita bersama warga, meski sederhana namun mudah-mudahan penuh makna dan bisa saling bekerjasama dalam menjaga situasi kamtibmas khususnya di wilayah RT. 001/08,” ujarnya.


Budiyanto juga mengatakan, Ngaliwet (tradisi Sunda makan bersama) seolah sudah menjadi aktivitas rutin dan kerap dilakukan orang Sunda, tidak terkecuali di wilayah kami. Melalui ngaliwet juga banyak hal positif yang bisa diambil. Di antaranya seperti bermakna kebersamaan, kekompakan, dan kerja sama.

"Ngeliwet ini dikerjakan bersama-sama, dari mulai mengolah ikan, memanggang ikan, serta memasak nasi, yang berbaur pun dari suku sunda, aceh, madura, serta jawa, inilah kebersamaan kita," pungkasnya. (red)

Terkini