JADWAL PUASA RAMADHAN 1438 H / 2017 PEWARTA TAMBORA



Kementerian Agama (Kemenag) Marhaban Ya Ramadhan, Tanpa terasa Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah ini akan segera tiba, mungkin seluruh umat Islam terutama kaum muslimin walmuslimat di seluruh dunia tentunya menantikan saat datangnya bulan suci ramadhan.

Bulan Ramadhan memang identik dengan kegiatan puasa, yaitu menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari, sepertinya semua abang2 dan kakak2 hafal sama pengertian ini atau malah udah khatam.

Tentunya bulan ramadhan tidak hanya sekedar melaksanakan ritual seperti biasanya saja, karena setiap datangnya bulan ramadhan itu juga menandakan waktunya kita untuk melakukan panen, karena Allah SWT memberikan bonus2 yang memang disediakan hanya pada bulan yg penuh rahmat ini.

Mengisi hari-hari dibulan ramadhan adalah hal yang wajib untuk kita lakukan bersama-sama selain wajib juga mesti semaksimal mungkin, tentunya dengan kegiatan yang baik dan bermanfaat. kalau tradisi di masyarakat kita biasanya saling bermaafan kepada sanak keluarga, teman terdekat dan saudara-saudara lainnya, selain itu juga ada yang sekedar melakukan ziarah, bersilaturahim dengan mengunjungi sanak-keluarga dan lain sebagainya.

Nah, tentunya tidak hanya di negara kita yang memiliki tradisi saat akan memasuki bulan ramadhan. Berikut beberapa tradisi pada bulan ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat di belahan penjuru dunia.

Datangnya bulan suci Ramadhan, sangat dinanti kaum Muslimin di berbagai penjuru dunia. Berikut ini gambaran sekilas bagaimana umat Islam menyambut hadirnya bulan penuh ampunan itu.

Jepang
Dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, umat Islam di Jepang saling berbagi kebahagiaan dengan saudaranya sesama Muslim. Namun jauh sebelum datangnya Ramadhan, kaum muslimin di Negeri Sakura itu telah mempersiapkan diri. Islamic Centre Jepang misalnya, telah membentuk semacam panitia Ramadhan yang bertugas menyusun kegiatan selama bulan puasa, mulai dari dialog keagamaan, majelis taklim, shalat tarawih berjamaah, penerbitan buku-buku keislaman dan segala hal yang terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa.

Panitia juga menerbitkan almanak Ramadhan dan mendistribusikannya ke rumah-rumah keluarga Muslim maupun ke masjid-masjid. Almanak ini juga dibagikan ke restoran-restoran halal di seantero Jepang. Panitia ini mulai bekerja ketika telah muncul hilal dan berakhir pada saat Idul Fitri. Jika tidak nampak hilal tanda awal puasa dimulai, maka panitia mengikuti ketetapan hilal Malaysia, negara tetangga terdekat.

Perbedaan tersebut kerap terjadi oleh beberapa organisasi-organisasi masyarakat islam dan ormas islam terbesar di Indonesia adalah Ormas Nahdatul ulama yang sering kita sebut dengan Nu dan Ormas Muhammadiyah dimana ormas NU sering menggunakan cara hisab untuk penentuan awal bulan ramadhan dan akhir bulan ramadhan. Ormas Muhammadiyah mengunakan cara rukyatul hilal atau melihat bulan beberapa drajad. Inilah yang menjadi salah satu perbedaan yang sering diperdebatkan ketika menjelang awal ramadhan dan berkhirnya ramadhan.

Jadwal Puasa Pemerintah dan Muhamadiyah 2017
Meskipun pemerintah belum menetapkan awal ramadhan pada tahun 2017 ini, Organisasi Muhammadiyah sudah mendeklarasikan penetapan awal bulan ramadhan yang akan jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017 sedangkan akhir ramadhan jatuh pada hari senin 26 juni 2017. Pemerintah biasanya mengikuti organisasi nahdatul ulama karena nu merupakan salah satu organisasi terbesar di Indonesia  dan masih banyak lagi organisasi-organisasi lain yang menentukan awal dan akhir ramadhan sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.

Adakah Perbedaan Penentuan Awal dan Akhir Ramadhan antara Muhammadiyah dan Pemerintah?

Pertanyaan diatas sering dan kerap terucap pada umat muslim di Indonesia, tentang penentuan awal dan akhir ramadhan dimana anatar ormas muhammadiyah masih berbeda pendapat mengenai perbedaan penentuan awal dan akhir bulan ramadhan. Dalam hal ini masih banyak dari ormas yang sudah memulai puasa dari Ormas besar Muhammadiyah namun hal itu dianggap biasa saja.

Islam mengajarkan akan pentingnya perbedaan karena dalam islam perbedaan pendapat adalah rahmat, jadi antara ulama 4 madzhab mempunyai pemahaman yang berbeda beda tentang tata cara fiqihnya.Adapun pada tahun 2017 ini, apakah akan seperti bulan -bulan ramadhan yang lalu, karena pada bulan lalu awal dan akhir ramadhan terjadi perbedaan antara ormas NU dan Muhammadiyah.

Ormas memiliki peran penting dalam tegaknya dakwah Islam di Indonesia, namun dengan adanya ormas -ormas islam dan paham yang berbeda diharapkan juga tidak memecah belah umat islam dalam hal paham islam sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu contoh. Namun dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa Islam akan terbagi dalam 72 golongan dan hanya satu golongan yang bisa masuk syurga yaitu yang mengikuti ajaran islam Al-Qur’an dan As-sunnah.

Kita akan selalu melihat Jadwal lengkap bulan Puasa Ramadhan 2017baik untuk Sahur maupun pada jadwal Imsakiyahnya. Beberapa hal terkait dengan sholat taraweh dan manfaatnya banyak ketika anda sudah memiliki jadwal buka tersebut dengan menyebarkan informasi kepada masyarakat yang belum mengetahuinya maka anda akan mendapatkan pahala. 

Sebarkanlah informasi yang berguna dan bermanfaat sehingga pahala anda akan mengalir terus menerus seperti amal jariyah ketika dakwah islam sudah tersebar.

Islam mengajarkan anda untuk tidak saling bermusuhan atau disebut tasamuh (toleransi) antara umat beragama lain, ketika Rasulluah SAW di Madinah Islam dan beberapa agama lainnya tetap jaya sampai dibuat Piagam Madinah Dalam membangun Madinah Rasulullah SAW mempersatukan Golongan di Madinah seperti Bani Qoinuqo, Bani Quraidah, Bani Nadhir dan Golongan Yahudi. Hal itu dibangun oleh Nabi untuk melindungi Hak Azazi Manusia sehingga dikenal dengan Piagam Madinah yang berisikan sebagai berikut ini:
  • Perjanjian piagam amdinah ini sebagai salah satu hal yang wajib diketahui oleh semua muslim diseantero Indonesia yaitu mempersatukan Kamu Yahudi  dengan kaum Muslimin harus wajib dan turut serta dalam peperangan.
  • Perjanjian Piagam Madinah ini tidak mewajibkan orang yahudi untuk masuk Islam akan tetapi Kaum Yahudi tetap dengan agama mereka dan umat muslim juga sama yaitu mempertahankan agama mereka
  • Bani Auf dari golongan Kaum Yahudi juga diperlakukan sama seperti kaum Muslim di Madinah.
  • Antara golongan satu dengan Golongan lainnya harus memiliki sifat tolong menolong dlm memerangi  dan menghadapi musuh.
  •  Kota madinah harus dipertahankan oleh kaum muslim dan yahudi dari serangan dari luar
  • Semua masyarakat yang menduduki kota Madinah ini dijamin keselamatannya namun pengecualiannya bagi orang yang berbuat jahat.
  • Kaum Muslim dan Kaum Yahudi harus saling mengingatkan dalam kebajikan dan berbuat baik apabila ada yang berbuat penganiayaan harus tetap  dilaporkan.
  • Persatuan dan kesatuan harus di jaga utuh sehingga akan menimbulkan efek keharmonisannya.
Begitu pula dengan umat muslim Indonesia, harus bersatu seperti yang diungkapkan dalam piagam madinah yang melandaskan sifat toleransinya,  sehingga akan terjalin keharmonisan antara umat beragama baik bergama islam, katolik, kristen, hindhu, budha dan konghucu. Seperti layaknya hak azazi manusia yang selalu digembor-gemborkan. 

Dibawah ini akan kami sampaikan beberapa hal terkait dengan Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah Bulan Ramadhan untuk wilayah DKI Jakartatahun ini yang dpat anda lihat dibawah ini:

Jadwal BukaPuasa Ramadhan 2017/ 2018




Posting Komentar

0 Komentar

Terkini