LURAH KRENDANG SOSIALISASIKAN RASTA DENGAN PSM




PEWARTA TAMBORA.com – Tahun 2017 Pemerintah Kelurahan Krendang kecamatan tambora jakarta barat berencana menerapkan e-voucher  pangan untuk menggantikan sistem pemberian bantuan beras sejahtera (Rastra) atau beras keluarga miskin (Raskin). Sehingga program Raskin atau Rastra tahun ini akan dihapus.

Kepala kelurahan krendang Andre Ravnic pada saat sosialisasi dengan Pekerja sosial Masyarakat (PSM)kelurahan krendang .
Kecamatan tambora jakarta barat.

menegaskan rencana dari pusat tersebut akan diberlakukan tahun 2017.  Program E-Voucher diberlakukan menggantikan Raskin atau Rastra.
Namun hingga saat ini belum ada petunjuk teknis terkait pencairan sistem baru tersebut. Namun secara garis besar nanti setiap rumah tangga miskin (RTM) akan mendapatkan kartu e-voucher. Dalam pencairannya nanti RTM akan ke warung (e-warung) yang ditunjuk oleh Pemda untuk menukarkan dalam bentuk barang langsung. Proses pencairanya tidak melalui pemerintah kelurahan atau kelurahan lagi.  “Belum ada Juknisnya. Hingga saat ini terkait Juknisnya masih dibahas oleh kemensos (Kementerian Sosial-RI),” kata andre.
Lebih lanjut dia menjelaskan dalam pencairan e-voucher pangan itu nantinya RTM tidak hanya akan menerima bentuk bantuan beras namun juga kebutuhan pangan lainnya seperti telur, tepung, susu, dan pangan lainnya. Yang jelas penerima tidak dapat menukarkan menjadi uang tunai.
Selain itu, data penerima manfaat sistem e-voucher pangan juga sudah tidak lagi menggunakan data pendataan program perlindungan sosial (PPLS) yang jumlah 625 yang dinilai kurang valid. Melainkan merujuk pada data Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT)  2016. “Dengan memakai data yang terupdate maka bisa tepat sasaran,” harapnya.
Pemerintah kelurahan krendang mengakui bahwa penyaluran raskin masih menyisakan persoalan serius. Dia menyebut sebagian besar kelurahan masih menerapkan sistem penyaluran bagi rata, padahal seharusnya penerimanya hakya warga miskin saja.kata Andre
(3/3/)Lutfi

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini