Dibalik Makna Makam Pangeran Syarif Hamid, Agus Sylvi Turut Berdoa

Pewarta Tambora, JAKARTA – Masjid Jami Angke yang berhadapan dengan Makam Keramat Pangeran Syarif Hamid Bin Sultan Syarif abd Rahman Al-Qodrie (wafat 1854 M) menjadi satu tempat tujuan ziarah bagi pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti bersama pasangannya Sylviana Murni.

Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya ziarah kemakam didaerah kembangan bersama Sylviana Murni, kini berkesempatan mengunjungi makan kramat Pangeran Syarif Hamid Bin Sultan Syarif Abd.Rahman Al-Qodrie di wilayah Angke, Tambora, Jakarta Barat.

“Makam yang terletak di Jalan Pangeran Tubagus Angke gang 1 RT 01/05, Tambo
ra, Jakarta Barat. Punya cerita yang beragam bagi mereka yang pernah berziarah kesini, ujar Habib, dilokasi, Jumat (9/12/2016).


Dapat diketahui, Di halaman belakang masjid terdapat Makam Syaikh Liong Tan, arsitek Masjid Angke Jakarta. Ada dua kelompok makam di sana, sedangkan satu kelompok pemakaman lagi ada di seberang depan masjid. Di sekitar masjid ini dimakamkan orang-orang keturunan Arab, Bali, Banten, Pontianak, dan Tartar. Ada sejumlah ornamen nisan yang menarik di sana.

Di halaman belakang masjid ada pula Makam Sarifah Maryam, dan Makam Syekh Jaffar yang adalah anak Pangeran Tubagus Angke yang diberi pembatas besi dan ditutup dengan kelambu. Setelah melihat makam di bagian belakang Masjid Angke Jakarta, Pak Muhammad Habib menemani saya ke kompleks makam tua lainnya yang berada persis di seberang masjid.

Makam Pangeran Syarif Hamid Al Kadri berada di bawah cungkup, ditutupi kelambu berwarna kuning keemasan di bagian bawah dalamnya. Ayahnya, Sultan Syarif Abd. Rachman Al Kadri, adalah pendiri Kota Pontianak. Konon Pangeran Syarif Hamid Al Kadri memimpin pemberontakan melawan Belanda pada tahun 1800-an, namun tertangkap dan dibuang ke Batavia.

Di belakang Makam Pangeran Syarif Hamid Al Kadri terdapat Makam Ibu Ratu Pembayun Fatimah, anak dari Sultan Maulana Hasanudin, dari Keraton Surosowan, Banten, yang menjadi isteri Pangeran Tubagus Angke. Bagian luar makam Pangeran Syarif Hamid Al Kadri terdapat tulisan berhuruf Arab gundul yang diukir di atas sebuah batu marmar.

Reporter : Yustrisna

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini