Jelang Pemilukada 2017, FKDM Punya Peranan Penting Dalam Mencegah Konflik

Pewarta Tambora, Jakarta Barat - Dalam Rangka Memelihara Kamtibmas di Jakarta Barat Menjelang Pemilukada 2017, dan Ancaman Radikalisme serta Terorisme, menjadi tajuk utama dalam kegiatan bimbingan dan pembinaan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, Kamis, (25/8).

Acara selain diikuti puluhan FKDM, Lurah dan Kasiepem Se-Jakarta Barat, juga dihadiri Kapolres Jakarta Barat, Wakil Walikota Jakarta Barat, H.M.Zen, dengan narasumber Kasat Bimas AKBP Ibu Lili Haryati, Kasdim 0503/B, Mayor Inf Ahmad Ghufron, Kasat Intel, Husni.SH.

Wakil Walikota Jakarta Barat, H.M.Zen dalam sambutannya menyampaikan, "menjelang penyelenggaraan pemilu agar semua komponen masyarakat dapat mensukseskan pilkada Tahun 2017," ujarnya.

H.M.Zen pun berharap kepada FKDM agar cepat dan tanggap dalam deteksi dini sesuai dengan peran serta FKDM itu sendiri.

Hal yang sama, disampaikan Husni, selaku Kasat Intel, "kepada FKDM agar dapat memainkan peranannya seperti pulbaket, pengumpulan bahan keterangan, dengan mendapat informasi dari beberapa sumber agar informasi itu benar untuk diyakini," ungkapnya.

lanjut Husni, jika salah dalam menginformasikan maka akan sangat berbahaya buat semua, karena ada dua informasi yang berperan, yakni informasi tertutup dan ada yang terbuka sehingga dapat dicarikan solusi dalam hal penanganan.

Kasdim 0503/JB, Mayor Inf Ahmad Ghufron menyampaikan, "dalam hal deteksini dalam penyelenggaraan pemilukada agar FKDM Kelurahan maupun Kota, agar berperan aktif untuk dapat mencegah konflik antara pendukung pro dan kontra dari masing-masing para pendukung cagub untuk tidak saling menjelekan," ungkapnya.

Menurutnya, Sesuai dengan Pemdagri No.12 Tahun 2016 Tugas pokok FKDM harus dapat menyatukan paham dan menjaring tokoh masyarakat serta tokoh agama, karena kawatir ada yang mengambil kesempatan dalam pilkada ini untuk dijadikan kisruhnya agar tidak sukses.

Ahmad Ghufron juga mengatakan, "agar FKDM dapat bersatu bersama tiga pilar dalam melaksanakan tugasnya, agar tidak kecolongan dalam hal keamanan, ketertiban, dalam masyarakat," tutupnya.

Rep : Lutfi
Ed : Heri Tambora

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini