Diklat Jurnalistik bagi Anggota TNI di Lingkungan Kodam Jaya Bersama PPWI

Jakarta, (PT) - Sebanyak 30 Prajurit Pendam Jaya dengan sangat antusias melaksanakan praktek dari Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Pangdam Jaya yang berkerjasama dengan PPWI. Turut hadir dalam kegiatan ini Faika Putri yang juga sebagai Duta PPWI sebagai nara sumber yang juga seorang Jurnalis muda dan Mantan Putri Pariwisata 2012.

Sebelum kegiatan pelaksanaan Diklat Jurnalisme Warga Bagi Anggota TNI dimulai, peserta terlebih dahulu melaksanakan olahraga senam pagi dan lari keliling lapangan Kodam jaya sejauh 3.200 meter, yang kemudian dilanjut dengan ramah tamah serta registrasi peserta diklat, Rabu (30/7).

Dalam sambuntannya Ketua PPWI Wilson lalengke menerangkan mengenai “Jurnalisme Warga & Pengenalan PPWI”, dimana para peserta belajar tentang jurnalisme untuk semua warga masyarakat, serta memahami eksistensi PPWI.

Kemudian Narasumber PPWI, Mung Pujanarko pada sesi kedua diklat, pukul 10.00 WIB memberikan materi tentang “Dasar-dasar Jurnalistik”, dimana peserta mempelajari dan memahami tentang dasar-dasar jurnalistik. Dilanjutkan dengan materi mengenai “Menulis Berita Cepat (Quick News) & Press Release”, dimana peserta belajar membuat berita dan press release (150 kata per 5 menit).

Pada sesi ketiga Narasumber PPWI Yosef Ferdyana dan Andi Tom Ryan pun memaparkan materi mengenai: “Tehnik Foto Jurnalistik”, disini para peserta belajar dan praktek fotografi dengan menggunakan peralatan sederhana yang dimiliki berupa kamera pro, pocket-camera, handphone, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang samaYerry.Y.Y.Korwa, selaku Ketua DPC PPWI Kabupaten Biak Numfor – Papua yang juga merupakan Redaktur Pelaksana dari media cetak KPK (Koran Penyelidik Korupsi), dan media online indikasinews.com, yang merupakan bagian dari PPWI Media Group, menyempatkan diri singgah di giat “Diklat Jurnalistik bagi Anggota TNI di Lingkungan Kodam Jaya”, yang kemudian turut membagi – bagikan Tabloid KPK kepada para peserta jurnalistik yang berjumlah sekitar 30 orang.

Kolonel Inf Heri Prakosa selaku Kapendam Jaya mengatakan “Perlu diketahui bahwa peranan jurnalistik dalam pengolahan dan penyajian sebuah informasi sangatlah penting, agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Mencermati pentingnya publikasi dan dokumentasi kaitannya dengan tugas Penerangan Kodam Jaya dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam Jaya, maka pelatihan jurnalistik ini menemukan relevansi untuk dapat diketahui dan dipahami secara luas dikalangan para prajurit”. Terangnya.

Kolonel Inf Heri Prakosa pun berharap dengan adanya pelatihan ini setiap prajurit yang terlibat nantinya dapat menuju menjadi prajurit yang profesional yang mampu menjadi insan jurnalis yang baik dan bertanggung jawab.(Nur/Kopi).

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini