58 Anggota FKDM Periode 2019-2020 Se-Jakarta Barat Dikukuhkan

PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA - Sebanyak 58 Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) pergantian Antar Waktu (PAW) Kecamatan dan Kelurahan Se-Jakarta Barat Periode 2019-2020 dikukuhkan di Museum Bank BNI 46, jalan Pintu Besar Raya Jakarta Barat, Kamis (21/3/2019).

Pada kesempatan itu, Yunus Burhan mewakili Walikota Jakarta Barat, H. Rustam Effendi meminta anggota FKDM selain peka terhadap perkembangan masalah di wilayahnya, juga diharapkan bersinergi dengan unsur terkait untuk mewujudkan kota Jakarta Barat yang aman dan damai.

Menurutnya, forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang paling dekat untuk melakukan interaksi dengan masyarakat, dan bisa mencegah sedini mungkin kemungkinan ganguan keamanan dan bencana alam di tengah masyarakat, sehingga dapat direkom pada SKPD yang terkait untuk ditindak lanjuti.


"Ketika ada terjadi indikasi di masyarakat, baik penyebarluasan aksi terorisme, keamanan dan menangkal berita hoax, fkdm bisa mendetaksi lebih dini. Mereka hidup dengan masyarakat dan tersebar di semua elemen," terangnya.

Tugas anggota FKDM, Kata Yunus, harus bisa mendetekasi secara dini berbagai potensi ancaman di wilayahnya, kemudian tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada fkdm dan para anggota agar dapat dilakukab semaksimal mungkin. Terutama komunikasi efektif diantara sesama anggota.

"Peran strategi FKDM merupakan mata dan telinga pemerintah dalam menjaga stabilitas Kamtibmas, juga berperan pennting bersama pemerintah dalam mewujudkan kota jakarta barat yang maju sejahtera dan damai," ungkapnya.

Ditempat sama, Kepala Kesbangpol PLT provinsi DKI jakarta, Taufan yang diwakili Habib selaku bidang Kewaspadaan menjelaskan tentang kedudukan FKDM. Ia mengatakan FKDM adalah selaku mitra kerja Pemerintah untuk menjadi kepanjangan tugas kewilayahan agar tugas pemerintah dapat terbantukan.

Habib juga memberikan apresiasi kepada Kesbangpol Jakarta Barat yang dapat membuat program pelaporan dengan menggunakan sistem telegram dan juga bisa membuat Mars FKDM.

Hingga berita ini disusun, hadir dalam acara tersebut, Dandim 0503/JB diwakili Danramil Taman Sari Mayor Rohani, Kapolres yang diwakili Kasat Intel Binda H. Marzuki, Ketua FKDM provinsi DKI jakarta Rico Sinaga, SKPD, Para Camat, Lurah, FKUB, PMI Tingkat Kota, serta Ormas Se Jakarta Barat.

Rep : Lutfi
Ed : Heri Tambora

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini