Popular Posts

Kategori

Follow by Email

Jaga Kondusifitas Masyarakat, FKDM Kecamatan dan Kelurahan Dibekali Ilmu Dasar Intelijen.

Diposting oleh On 1:41:00 PM


PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kapasitas Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Tambora, dilakukan pembekalan materi bagi Pengurus FKDM tingkat Kecamatan dan Kelurahan SeKecamatan Tambora, Jumat (12/10/2018). Sebagai upaya menjaga kondusifitas masyarakat Kecamatan Tambora yang aman, damai dan Sejahtera.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kawasan Puncak Pass Ciloto, Kabupaten Cinjur tersebut selain dihadiri Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Barat, H Dirhamnulgraha, Pasi Intel Kodim 0503/Jb Sriyanto, Admin FKDM Kota Jakarta Barat Zermal, juga diikuti oleh pengurus FKDM tingkat Kelurahan se-Kecamatan Tambora, Kota Administrasi Jakarta Barat.

Ketua FKDM Kecamatan Tambora Lutfi Ramli yang juga sebagai Ketua Panitia pembekalan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan merupakan bagian dari program FKDM Tahun 2018, yang juga salah satu persiapan pemberlakuan Permendagri No.2 Tahun 2018.


“Kegiatan ini dikuti kurang lebih sekitar 70 orang yang terdiri dari pengurus FKDM Kecamatan dan juga tingkat Kelurahan SeKecamatan Tambora bersama anggota  serta pengurus lainnya,” ujar Lutfi Ramli kepada Media ini.

Dikatakan Lutfi, selain pembekalan, giat ini juga untuk membangun silaturahmi dan sinergitas antara Pemerintah, FKDM, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam menciptakan wilayah Tambora yang aman, damai dan juga sejahtera.

Selain itu, Lanjut Lutfi, tentunya untuk meningkatkan kapasitas dan peran FKDM tingkat Kelurahan  sebagai salah satu pilar masyarakat, serta memberikan wawasan tentang teknik dan strategi deteksi dini dan antisipasi potensi konflik di masyarakat.

Ditempat sama, Kepala Suku Badan Kesbangpol Jakarta Barat, Dirhamnulgraha menyampaikan materi tentang membangun sinergitas aparat pemerintah dan komponen masyarakat dalam menjaga dan menciptakan kondusifitas Kota Jakarta Barat yang aman, damai dan sejahtera.

Sementara, Sriyanto memaparkan materi tentang Teknik dan strategi deteksi dini dan antisipasi potensi konflik di masyarakat. Serta fungsi dan peran FKDM Tingkat Kelurahan dan Kecamatan sebagai pilar masyarakat.

“FKDM perlu memiliki kemampuan ilmu dalam mendeteksi dini dan cegah dini baik ancaman dari luar atau dari dalam, baik segi keamanan Kamtibmas yang kiranya menimbulkan gejala, kerawanan konflik sosial, apalagi saat sekaranag sedang menghadapi Pemilu 2019,” ungkapnya.

“FDKM harus lebih jeli untuk mencegah komplik yang akan terjadi di masyarakat,” tambahnya. (lth/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Atensi Anda, Saran dan Masukan Sampaikan Kepada Kami