Popular Posts

Kategori

Follow by Email

Jelang Pemilu 2019, Panwascam Adakan Sosialisasi Bersama Muspika Kecamatan Tambora

Diposting oleh On 10:18:00 AM

PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA - Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Tambora tengah mengadakan giat sosialisasi pengawasan partisifatif pemilu 2019, Kamis (27/9/2018). Kegiatan sosialisasi yang melibatkan unsur Muspika Kecamatan Tambora, para tokoh masyarakat serta perwakilan organisasi kepemudaan digelar di Sekretariat Panwascam Jalan Padamulya II RT.003/08, kelurahan Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Oding Djunaedi, SH, Komisioner Bawaslu Kota, Jakarta Barat, dalam paparannya menyampaikan, bahwa pengawasan partisifatif yang dimaksud ialah melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya

"Untuk setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat secara aktif memiliki jalur langsung dengan pihak berewenang baik Kepolisian maupun Panwas itu sendiri agar laporannya segera ditindak lanjuti," ujarnya.


Selain peningkatan kesadaran masyarakat, juga kedekatan Komisioner atau anggota Panitia dengan masyarakat menjadi kunci keberhasilan partisifatif.

"Masyarakat hanya akan mau mengambil inisiatif untuk terlibat dalam pengawasan pemilu secara aktif jika merasa dekat dengan Panwaslu," terang Oding.

Sementara, Ketua Panwascam Tambora, Ade, menyampaikan beberapa hal yang tidak boleh dan tidak dilakukan selama pelaksanaan pada saat kampanye pileg dan Pilpres 2019 berlangsung.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah para ASN, kepala Kelurahan beserta perangkatnya dan SKPD juga dilarang dilibatkan dan atau terlibat kampanye peserta pemilu dan termasuk melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu.

"Ini harus kita ingatkan kembali dengan para peserta yang hadir sehingga dari pelanggaran pidana pemilu dan pelaksanaan pemilu nanti, sesuai harapan kita semua yakni berintegritas, aman dan damai," pungkasnya mengakhiri.

Hingga berita ini disusun, hadir dalam giat sosialisasi Camat Tambora, Djaharuddin, Sekcam Tambora, Kasatgas Pol PP, Kapolsek Tambora, yang diwakili Kanit Intel AKP Mardjana, Danramil 02 TB, Kapt Arh Rizky, LMK, FKDM, serta kelompok Kepemudaan. (lth/red)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Atensi Anda, Saran dan Masukan Sampaikan Kepada Kami