Popular Posts

Kategori

Follow by Email

Patut Diacungi Jempol, Meski di Bulan Puasa PPSU Tanah Sereal Tetap Semangat

Diposting oleh On 1:38:00 PM

PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA - Ibadah puasa di bulan Ramadan menjadi sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Tak sedikit pula orang yang berpuasa dan tetap beraktivitas di luar, seperti halnya Petugas PPSU Kelurahan Tanah Sereal. Meski di Bulan Puasa mereka tetap semangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Zaki Tonhara (26) cekatan mengangkat karung berisi sampah ke atas mobil bak terbuka. Karung dengan berat kurang lebih 10 kilogram itu langsung ditumpuk bersama empat karung lainnya yang lebih dulu diangkut.

Meskipun di bulan puasa, zaki dan rekan-rekan tetap bekerja seperti biasa. Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Tanah Sereal ini tak merasa harus mengendurkan pekerjaannya.

"Saya jalanin aja dengan keikhlasan. Tantangannya pasti lebih berat," kata Zaki saat di temui team Pewarta Tambora



Zaki dan rekan-rekan mulai bekerja sejak pukul 07.00 WIB. Bersama PPSU lainnya, ia mengelilingi daerah Tanah Sereal untuk membersihkan sampah yang berserakan. Bukan hanya sampah, saluran di tanah sereal juga ikut dibersihkan.

Menurut Ahmad Fauzi, perbedaan bekerja saat bulan puasa hanya tidak minum dan makan saat istirahat. "Biasanya kami minum dan makan, sekarang kami istirahat aja. Kembalikan tenaga. Setelah itu gerak lagi," ungkap Ahmad Fauzi salah satu anggota PPSU Kelurahan Tanah Sereal.

Selain Zaki dan Ahmad Fauzi, Asep Suherman PPSU Tanah Sereal juga tetap berpuasa meski harus bekerja di bawah terik matahari setiap hari. Pria berusia 38 tahun ini mengaku saat puasa pertama pekerjaannya terasa berat. Kini, setelah memasuki hari keempat puasa, ia mulai terbiasa.


"Sekarang sudah tidak terasa lagi. Bawa rileks aja," ungkap Asep Suherman.

Warga Tanah Sereal ini masuk ke dalam shift pagi. Ia mulai bekerja sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Waktu istirahat Muhajar hanya satu jam, dari pukul 12.00 WIB - 13.00 WIB.

Saat satu jam itulah Asep Suherman mengaku menggunakan untuk istirahat dengan baik. Menurut Asep Suherman, bekerja di bulan puasa memiliki tantangan lebih berat. Namun ia bersyukur bisa bekerja saat puasa dan merasa harus mengalahkan tantangan itu.

"Misal ada teman enggak puasa. Harus bisa kuat. Terus redam emosi. Harus kuat dan bisa hadapi tantangan itu," kata Asep Suherman.

Sementara itu Lurah Tanah Sereal, HJ.Suharti menegaskan PPSU tetap bekerja seperti biasa meskipun pada bulan puasa. Namun, ia memberikan beberapa arahan sebelum PPSU bekerja agar tetap sesuai dengan S.O.P (Standar Operasional) yang ada untuk menjadikan acuan PPSU dalam bertugas di lapangan.

Penulis : Hendri
Editor : Heri Tambora

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Atensi Anda, Saran dan Masukan Sampaikan Kepada Kami