Popular Posts

Kategori

Follow by Email

Kelurahan Tambora Adakan Sosialisasi Tentang Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Diposting oleh On 2:11:00 PM

PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA - Puluhan Pengurus RT/RW, serta ibu-ibu PKK Se-Kelurahan Tambora, tengah mengikuti giat sosialisasi kesehatan balita dan anak usia pra-sekolah juga tentang buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), yang diselenggarakan oleh Kelurahan Tambora, dengan menghadirkan Dr.Egy selaku narasumber dari Puskesmas Kecamatan Tambora.

Dalam pertemuan tersebut, dipaparkan peran buku KIA sebagai alat pencatatan dan edukasi bagi ibu hamil dan bayi hingga anak usia pra-sekolah. Ibu hamil yang pertama kali memeriksakan kehamilannya akan mendapat buku KIA dari tenaga kesehatan.

“Buku ini diisi oleh tenaga kesehatan, dan dibaca oleh ibu serta keluarga. Bila ibu berpindah tempat pemeriksaan, buku ini dapat digunakan sebagai buku penghubung antara tenaga kesehatan sebelumnya dengan tenaga kesehatan kemudian yang memeriksa ibu hamil tersebut. Sehingga pelayanan kesehatan yang didapat oleh ibu hamil tidak terputus atau overlapping/berulang (dobel),” ujar Dr. Egy dengan didampingi Lurah Tambora, Hj.Kurniasih, Kamis (26/4/2018).


Dikatakannya, nanti akan lebih waspada, sehingga tindakan pengawasan, pencegahan, dan penanganan dini terhadap masalah kesehatan lebih mudah dilakukan. Edukasi pada ibu hamil dan ibu balita sangat dimungkinkan, mengingat buku KIA berisi informasi tentang tanda bahaya dan gelaja pada kehamilan, ditambah perawatan dan tumbukembang pada balita.

“Melihat fungsi buku KIA sedemikian penting dan luas, peserta pertemuan sepakat bahwa buku KIA sangat bagus dan perlu dimanfaatkan secara luas, semua RS memiliki ketersediaan buku KIA. Selama ini pemanfaatan buku KIA lebih banyak berada di puskesmas sehingga timbul stigma bahwa buku KIA adalah milik puskesmas. Karenanya perlu dilakukan distribusi lebih luas di tingkat rumah sakit sekaligus sosialisasi dan pemanfaatannya.” terangnya.

Dikesempatannya, Lurah Tambora, Hj.Kurniasih berharap kepada warga masyarakat Kelurahan Tambora khususnya, untuk dapat mengikuti program Pemerintah terkait masalah kesehatan, karena sangat pentingnya pertumbuhan kesehatan balita, serta edukasi terhadap masalah kesehatan ibu dan anak juga dapat diketahui gejala awal.

“Karena kondisi mereka nantinya akan tercatat dengan baik di buku KIA dan juga gejala awal maslaah kesehatan pun dapat diajarkan kepada ibu-ibu hamil,” pungkasnya mengakhiri. (lth)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Terima Kasih Atas Atensi Anda, Saran dan Masukan Sampaikan Kepada Kami