Kelurahan Pekojan Gelar Workshop Literasi, Membaca dan Bercerita Bersama Anak

PEWARTA-TAMBORA.COM, Jakarta - Rangkaian Program Welas Asih di Kelurahan Pekojan sebagai Kelurahan Compacionate Village yang menyelenggarakan Kegiatan TOT lieralisasi dan launching pojok baca Pekojan untuk menumbuhkan minat baca dan budaya belajar bagi masyarakat Kelurahan Pekojan Tambora Jakarta Barat

Kegiatan yang diikuti oleh RW,LMK dan PKK serta Pemerhati Baca di Kelurahan Pekojan ditandai dengan penyerahan buku bacaan, rak buku , 1 unit komputer untuk proses adminstrasi dan Peresmian Ruang Tempat Pojok Baca Pekojan yang berlokasi di Lantai empat Kantor Lurah Pekojan Jl.Pekojan 3

Training Melatih Membaca dan Bercerita pada Anak, Literasi merupakan keterampilan terpenting untuk anak di abad 21. Karena itu, Compassionate Village yang bersinergi dengan Kelurahan Pekojan merintis program literasi untuk warga.

“Progam tersebut mencakup training Melatih Membaca dan Bercerita pada Anak, budaya membaca warga sekaligus memfasilitasi dengan perpustakaan dan pojok baca,” Ungkap Lurah Tri Kepada Media ini. Rabu (22/11/2017).

Dikatakan Tri, Training diikuti oleh 29 peserta dari ibu-ibu warga Pekojan mewakili berbagai RT dan RW. Pelatihan tersebut mengupas dan sekaligus praktek membaca buku besar (big book), reading Aloud dan cara mendongeng berbasis karakter pada anak.

Agar program berkelanjutan, Pekojan sebagai model Compassionate Village secara rutin akan menggelar training-training lanjutan mencakup training mencatat kreatif untuk remaja, training speed reading dan menggulirkan gerakan ibu membaca.

“Program-program tersebut diharapkan mampu mendukung pemanfaatan perpustakaan dan pojok baca, dan dalam jangka panjang mampu meningkatkan kualitas warga dan pelajar di Pekojan di bidang literasi,” Ujarnya.

Lebih jauh, Tri menyampaikan, Salah satu program pendukung untuk mewujudkan Compassionate Village adalah pojok baca untuk warga, karena program tersebut merupakan fasilitas warga dan pelajar untuk mendapatkan akses literasi yang memadai.

Adapun peresmian dilakukan bersamaan dengan TOT Literasi untuk warga. Lurah Pekojan  Tri Prasetyo Utomo membuka program training sekaligus meresmikan Pojok Baca.  Sementara Training for Trainer dipandu oleh Sulistiyo, Praktisi pendidikan dari Yasmin Learning Center, Ciputat.

Sebagai tahap awal, telah dihibahkan ratusan judul buku untuk masyarakat pekojan, berupa koleksi buku-buku mencakup buku-buku anak, remaja dan umum. Kedepan Compassionate Village akan terus menambah koleksi buku-buku.

Pojok baca kelurahan Pekojan diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga, sekolah sekitar dan masyarakat. “Semoga Pekojan dapat menjadi pionir sebagai Compassionate Village di Indonesia.” Pungkasnya mengakhiri. (hlm-in/red)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini