RW.05 Krendang Gelar Lomba Kemerdekaan RI Ke 71

Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-71
Pewarta Tambora, Krendang - Kemerdekaan Indonesia adalah bukan hadiah Cuma – Cuma dari penjajah, tapi kemerdekaan kita diperoleh melalui perjuangan jiwa dan raga melawan penjajahan Belanda dan Jepang dengan perlengkapan perang yang tak seimbang, antara senjata modern dengan bambu runcing.

Teramat banyak para pahlawan yang berjihad dan telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, di berbagai kota dan tempat; banyak pemakaman – pemakaman masal para pejuang yang mati syahid dan tidak dikenal, mereka rela meninggalkan anak, isteri, orang tua dan saudara untuk bekerjasama mengusir para penjajah  sampai diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada hari Jumat Tanggal 17 Agustus 1945.


Ternyata perjuangan bersenjata tidak berhenti sampai disitu, setelah diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, Belanda dan tentara sekutunya ingin menjajah kembali Indonesia, maka kita mengenal adanya Agresi Militer Belanda I, Agresi Militer Belanda II, Perang Arek- Arek Suroboyo, “Bandung Lautan Api”, “Serangan 6 Jam di Yogya” dan lain sebagainya, kesemuanya itu menunjukkan betapa gigihnya perjuangan para pejuang Indonesia untuk mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Itulah sejarah perjuangan orang tua kita yang berjihad dan bermodalkan iman dan semangat yang kuat mengangkat senjata apa adanya untuk mengusir penjajah, obyek perjuangan / jihad masa lalu dan sekarang sudah berubah, dulu mengusir penjajah, sekarang kita berjihad mengusir kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan dari bangsa – bangsa lain.


Nilai – nilai perjuangan; iman yang kuat, pantang menyerah, solidaritas, kerjasama dan gotong royong dan lain sebagainya harus tetap kita tanamkan dan gelorakan dalam dada setiap generasi muda Indonesia.

Dalam rangka menanamkan nilai – nilai perjuangan  dan menghayati pengorbanan para pejuang itulah yang mendasari kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71 di wilayah Kecamatan Tambora Jakarta Barat berlangsung dengan hikmad.

Dari berbagai wilayah kelurahan di Kecamatan Tambora ramai melaksanakan beragam kegiatan lomba mulai dari lomba makan kerupuk, lomba balap karung, pukul kendi, gundu diatas sendok, panjat pinang, paku masuk botol, lempar panah, dan lain sebagainya.

Kali ini, Semarak 17 Agustus begitu terasa di RW.05 Kelurahan Krendang, Kecamatan Tambora. Mulai dari panjat pinang, balap karung, lomba joget, atraksi debus hingga berbagai perlombaan dimeriahkan di wilayah R.012 RW.05 Kelurahan Krendang, Minggu, (21/8).

Tak terkecuali Lurah Krendang Andre Ravnic, yang ikut serta memeriahan kemerdekaan di wilayah RT.012 RW.05 Kelurahan Krendang bersama Camat Tambora, Djaharuddin, Wakil Camat, Joko Suparno, Pengurus RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan juga warga sekitar.

“jadikanlah acara kemerdekaan ini adalah satu tonggak sejarah yg maknanya sangat besar, maka kita sebagai penerus dari para pejuang, agar dapat mempertahankan apabila kita mendapatkan kembali dari tekanan tekanan bangsa lain. yang akan merusak moral atau merusak generasi bangsa,” ujar Andre Ravnic disela-sela perlombaan.

Ditempat yang sama Camat Tambora berpesan, “warga masyarakat khusus wilayah Kecamatan Tambora agar tidak lagi menjadi warga yang malas, untuk menjadi warga yang penuh dengan berbagai ide yang sangat cemerlang, karena bangsa kita pada saat sekarang sudah menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang genius, tidak lagi menjadi bangsa yang bodoh, dan ketergantungan oleh negara asing,” ungkap camat.

“kepada generasi penurus dan pemuda-pemudi, untuk dapat menjauhi dari narkoba, tawuran, karena dari dampak dua masalah tersebut, akan menjadikan anak bangsa yang moralitasnya menjadi rusak dan akan rusak pula akhlaknya, yang tidak sesuai dengan adat istiadat ketimuran, yang menjadi semboyan negara kita,”Harapnya.

Lanjutnya, maka makna dan arti kemerdekaan ini harus dijadikan satu memonemtun sejarah kegiatan kegiatan yang sekarang sedang di laksanakanpun adalah satu ciri bahwa para generasi sudah dapat diandalkan kemajuannya,” tutupnya.

Reporter : Lutfhi
Ed : Heri Tambora

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini